Powered By Blogger

Selasa, 23 Agustus 2011

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432H

Alhamdulillah kita sebagai muslim yang telah menjalankan kewajiban untuk beribadah selama satu bulan penuh menahan segala macam hawa nafsu dalam diri dalam bulan yang amat mulia Ramadhan. Inilah hal yang paling kami tunggu untuk menyucikan diri dan kembali fitri. Di Indonesia sendiri  ada hal yang khas saat menyambut Idul Fitri yang mungkin jadi kebiasaan masyarakat Indonesia yaitu membeli pakaian baru untuk berlebaran. Mungkin makna berlebaran bukanlah baju yang baru, namun hati kita yang baru untuk dapat menjadi sosok yang mampu lebih bertaqwa kepada sang Khalik. Hemm, nampaknya baju baru merupakan suatu kebutuhan kali yahh untuk segala kalangan di Indonesia. Coba tengok bukan hanya masyarakat kelas menengah ke bawah namun kelas atas juga menyambutnya dengan pakaian yang baru pula. maklum lah sudah mendarah daging di sifat kita.
Bule aja beli baju baru buat lebaran haha
Terus bagi para pendatang di kota besar seperti Jakarta dan kota besar lainnya hal yang lumrah untuk Mudik berang keluarga menuju ke kampung halaman untuk bersilaturahmi denga keluarga serta kerabat mereka. Hal tersebut juga sebagai pelepas rindu mengingat sudah beberapa waktu tidak bertemu dengan sanak saudaranya. Mudik biasanya dilakukan 1 minggu sebelum hari raya tiba, namun ada pula yang sebelum hari itu sudah menuju ke kampung halaman. hemm, pangen cepet-cepet ketemu emak kali yahh. hahaha.
Kemacetan lah yang biasa terjadi saat aus mudik terjadi, karena jumlah para pemudik angatlah banyak tapi ruas jalan yang ada tidak bisa menampung jumlah kendaraan yang mengangkut para pemudik. Waktu yang paling mecet saat mudik lebaran ialah H-5 sampai H-2 namun pada saat memasuki H-1 kapadatan kendaraan akan lebih berkurang.
semrawutnya mudik lebaran
Idul Fitri bukan hanya baju baru dan segala materi lainnya yang baru. Melainkan hati kita yang baru dalam mengadapi bulan-bulan di luar Ramadhan. mungkin dalam meninggakan bulan Ramadhan kita merasa sedih karena merupakan bulan yang paling dimuliakan oleh Allah SWT karena diwajibkan bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah wajib yakni berpuasa dan melaksanakan zakat fitrah pada akhir Ramadhan. Di bulan yang mulia ini juga kitab suci Al-Quran Al-karim pun diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadhan diganjar berlipat-lipat ganda oleh Allah SWT kepada umat-Nya yang taat menjalankan ibadah. Serta kita diuji keimanan, ketaqwaan dan kemampuan kita untuk menahan hawa nafsu selama satu bulan penuh lamanya. Dan dalam itu pula kita umat islam akan memperoleh kemenangan dalam menghadapi hawa nafsu kita dan menjadi insan yang kembali suci seperti pertama kali kita dilahirkan di dunia. Dalam proses penyucian diri kita mungkin semua dosa kita kepada Allah SWT dapat diampunkan, namun dosa-dosa kita kepada manusia yang lain harus kita tebus dengan meminta maaf kepada satu sama lain. Ada sebuah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat indonesia dan menjadi kebiasaan yang melekat pada perayaan Idul Fitri. yaitu tradisi sungkeman yang bertujuan untuk saling memaafkan individu kepada individu lainnya yang lebih tua.
presiden aja sungkeman
Apapun caranya kita sebagai umat muslim yang dimuliakan oleh Allah SWT yang telah menjalankan perang terhadap hawa nafsu kita diharapkan menjadi insan yang lebih bertaqwa kepada Sang Pencipta dan lebih giat lagi dalam melaksanakan ibadah yang diperintahkan-Nya.
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1432 H,
"minal aidin wal faidzin" mohon maaf lahir dan batin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar